Wednesday, June 11, 2008

Jika kita punya 4 orang istri (If We Having 4 wifes)

Ada seorang raja yang mempunyai 4 isteri.
Raja ini sangat mencintai isteri keempatnya dan selalu menghadiahkannya pakaian-pakaian yang mahal dan memberinya makanan yang paling enak. Hanya yang terbaik yang akan diberikan kepada sang isteri.
Dia juga sangat memuja isteri ketiganya dan selalu memamerkannya ke pejabat-pejabat kerajaan tetangga. Itu karena dia takut suatu saat nanti, isteri ketiganya ini akan meninggalkannya.
Sang raja juga menyayangi isteri keduanya. Karena isterinya yang satu ini merupakan tempat curahan hatinya, yang akan selalu ramah, peduli dan sabar terhadapnya. Pada saat sang raja menghadapi suatu masalah, dia akan mengungkapkan isi hatinya hanya pada isteri kedua karena dia bisa membantunya melalui masa-masa sulit itu.
Isteri pertama raja adalah pasangan yang sangat setia dan telah memberikan kontribusi yang besar dalam pemeliharaan kekayaannya maupun untuk kerajaannya. Akan tetapi, si raja tidak peduli terhadap isteri pertamanya ini meskipun sang isteri begitu mencintainya, tetap saja sulit bagi sang raja untuk memperhatikan isterinya itu.
Hingga suatu hari, sang raja jatuh sakit dan dia sadar bahwa kematiannya sudah dekat. Sambil merenungi kehidupannya yang sangat mewah itu, sang raja lalu berpikir, "Saat ini aku memiliki 4 isteri disampingku, tapi ketika aku pergi, mungkin aku akan sendiri".
Lalu, bertanyalah ia pada isteri keempatnya, "Sampai saat ini, aku paling mencintaimu, aku sudah menghadiahkanmu pakaian-pakaian yang paling indah dan memberi perhatian yang sangat besar hanya untukmu. Sekarang aku sekarat, apakah kau akan mengikuti dan tetap menemaniku?"
"Tidak akan!" balas si isteri keempat itu, ia pun pergi tanpa mengatakan apapun lagi. Jawaban isterinya itu bagaikan pisau yang begitu tepat menusuk jantungnya.
Raja yang sedih itu kemudian berkata pada isteri ketiganya, "Aku sangat memujamu dengan seluruh jiwaku. Sekarang aku sekarat, apakah kau tetap mengikuti dan selalu bersamaku?" "Tidak!" sahut sang isteri. "Hidup ini begitu indah! Saat kau meninggal, akupun akan menikah kembali!"
Perasaan sang rajapun hampa dan membeku. Beberapa saat kemudian, sang raja bertanya pada isteri keduanya, " Selama ini, bila aku membutuhkanmu, kau selalu ada untukku. Jika nanti aku meninggal, apakah kau akan mengikuti dan terus disampingku?" "Maafkan aku, untuk kali ini aku tidak bisa memenuhi permintaaanmu!" jawab isteri keduanya. "Yang bisa aku lakukan, hanyalah ikut menemanimu menuju pemakamanmu." Lagi-lagi, jawaban si isteri bagaikan petir yang menyambar dan menghancurkan hatinya. Tiba-tiba, sebuah suara berkata:
"Aku akan bersamamu dan menemanimu kemanapun kau pergi." Sang raja menolehkan kepalanya mencari-cari siapa yang berbicara dan terlihatlah olehnya isteri pertamanya. Dia kelihatan begitu kurus, seperti menderita kekurangan gizi. Dengan penyesalan yang sangat mendalam kesedihan yang amat sangat, sang raja berkata sendu, "Seharusnya aku lebih memperhatikanmu saat aku masih punya banyak kesempatan!"
Dalam realitanya, sesungguhnya kita semua mempunyai '4 isteri' dalam hidup kita.... 'Isteri keempat' kita adalah tubuh kita. Tidak peduli berapa banyak waktu dan usaha yang kita habiskan untuk membuatnya terlihat bagus, tetap saja dia akan meninggalkan kita saat kita meninggal.
Kemudian 'Isteri ketiga' kita adalah ambisi, kedudukan dan kekayaan kita. Saat kita meninggal, semua itu pasti akan jatuh ke tangan orang lain. Sedangkan 'isteri kedua' kita adalah keluarga dan teman-teman kita. Tak peduli berapa lama waktu yang sudah dihabiskan bersama kita, tetap saja mereka hanya bisa menemani dan mengiringi kita hingga ke pemakaman.
Dan akhirnya 'isteri pertama' kita adalah jiwa, roh, iman kita, yang sering terabaikan karena sibuk memburu kekayaan, kekuasaan, dan kepuasan nafsu. Padahal, jiwa, roh, atau iman inilah yang akan mengikuti kita kemanapun kita pergi. Jadi perhatikan, tanamkan dan simpan baik-baik dalam hatimu sekarang!Hanya inilah hal terbaik yang bisa kau tunjukkan pada dunia. Let it Shine!
Eng:
There is a the king have 4 wife.
This king very love the fourth wife and always present of costly clotheses and give of cosiest food. Only best which to be given to the wife.
He also very worship the third wife and always demonstrate her to functionaries of empire of neighbors. That because he is fear in a moment wait, the third wife will leave him.
The king is also love the second wife . Because his wife which is one this is the place of his heart effusing, to be friendly always, care and patient to him. At the (time) of the king face the problem, he will lay open his heart content only at second wife because she can assist it through a period of that difficult.
First wife of king is the couple is very devoted and have given the big contribution in conservancy of his properties and for his empire. However, the king is not caring to first wife though the wife is so love it, just remain to difficult for the king to pay attention his wife.
So Till one day, the king fall sick and conscious that his death have near.At the same time gaze at his life that very luxuriant, the king is then think,
“In this time I have 4 wife beside me, but when I go, possibly I will one self".Then, enquire he to the fourth wife , " Till now, I very love the you, I have presented the most beautiful clotheses you and give the a profound interest only for you. Now I dying, do you will follow and fixed accompanies the me?"
" Will not!" reciprocate the that fourth wife, he even also go without telling any again.his Wife answer as the knife so precisely jab the heart of.
That sorrowful king then say to the third wife, " I very worship you with entire/all my heart. Now I dying, do you fixed follow and [is] same always my?"
" Don’t!" shout the wife. " This life so respect! Moment you die, I will do re-get married !"The king Feel vacuous and frost.
A few moments is then, the king ask to the second wife, " During the time, when I required you, you always is for me. If waiting I die, do you will follow and continue beside me?"
" Forgive me, to be this I cannot fulfill your asking!" second wife reply. " Which I can do, only following to accompanies you go to your funeral."Again, the answer of the wife as the thunder pounce and break his heart.Sudden, a voice say:" I will with you and accompanies that wherever you go." The king turn around his head search for who did do conversed and seen by of first wife . She looked to be thin so, be like suffering nutrition insuffiency.
With deep regret the sorrow very-very, the king say , " I ought to more paying attention for you when I have it formerly!"
In reality, all of us have ' 4 wife' so....' The Fourth wife' is our body. Is not caring how many do the effort and time we finish to make it seen nicely, just remain to it will leave moment us we die.
Then ' The Third Wife' is ambition, our properties and position.Moment we die, all that surely will fall into the hands of the others.
Is while ' The Second wife' is family and friends of our. Is nonchalant how long do time which have been finished with our, just remain to [of] them only can accompanies and accompany us [so/till] to funeral.
And finally ' The first wife' is soul and believe, uncared often because business hunt properties, power, and satisfaction of passion.Though, the soul and believe will follow us wherever we go.Thus pay attention, inculcate and keep the best of in your heart now!
Only this is best matter which you can show to the world.
Let it Shine!

No comments: